Finding Myself 2

Angkatan saya, 2013, adalah bahan uji coba. UN SMP 20 paket, angkatan 2013 dijadikan bahan ujicoba. Kurikulum 2013, angkatan 2013 yg menjajalnya pertama kali. Awalnya berat, tapi lama-kelamaan juga terbiasa. Yg mengeluh pasti banyak, apalagi sekolah saya menerapkan sistem kredit semester layaknya perguruan tinggi. Beratnya naudzubillah, tapi dijalani hingga kini hampir masuk semester 4, alhamdulillah saya belajar sengsara, supaya nanti saat kuliah sudah terbiasa susah dan sengsara seperti ini. Jika dipikir lagi, ini adalah awal yg bagus untuk sebuah "perjuangan hidup". K13 dihapuskan, angkatan saya jadi bahan uji, ya tidak apa-apa. Kita juga bisa sukses dengan K13. Susah, membebani, dan capek gara-gara K13, alasan nggak bermutu. Sudah kewajiban sebagai pelajar merasakan itu semua! Hanya orang-orang yg mau sengsara untuk bisa mendekati kata "sukses". Masalah buku, guru gak siap? K13 tidak terdoktrin pada 1 buku, sumber lain sangat diperlukan, termasuk internet. Guru? Saya yakin, guru siap tidak siap pasti bisa menerima K13 dengan siap, hanya segelintir guru saja yg tidak siap, guru yg siap adalah mereka yg ikhlas menempuh jalan terjal lagi mendaki demi mendapatkan ilmu baru dan membagikan pada muridnya. Saya, pengguna K13, merasa beruntung dengan kurikulum ini, dan sistem SKS yg diterapkan di sekolah saya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rencana Tuhan

Finding Myself 1