KEMAH KONSERVASI 2013 “Susur Sungai”


          Tanggal 17-18 Desember 2013, Kemah Konservasi diadakan oleh Yayasan Satu Daun dan Aqua  di SMAN 1 Bangil dan UP3 Tretes. Dan, diikuti oleh 13 Sekolah Sahabat Mata Air. Transit di SMAN 1 Bangil untuk persiapan dan pembagian kelompok dan area kerja, serta saling berkenalan sesama anggota Kemah Konservasi 2013. Area Kerja dibagi menjadi 3 Pos, yaitu Pos Prigen, Pos Pandaan, dan Pos Bangil. Dan kami dari SMAN 1 Pandaan mendapatkan Pos Bangil bersama SMAN 1 Purwosari, SMAN 1 Bangil dan SMA Sejahtera Prigen.
          Pos Bangil, mencari serta mengamati makrozoobenthos sebagai bioindikator sungai Kalianyar – Bangil. Kita mendapat sedikit makrozoobenthos, dan banyak ikan. Dan itu menandakan bahwa pencemaran air sudah sampai tingkat sangat parah. Dan sungai Kalianyar memiliki dua warna, karena sungai ini bercabang dan bertemu lagi di hilir, satu berwarna coklat keruh, dan satu lagi berwarna hitam. Dan kondisi itu akan mencemari laut tentunya.
          UP3 Tretes – Prigen, ditempat ini kami istirahat, mempresentasikan hasil pengamatan di Pos masing-masing, dan belajar banyak tentang air dan makrozoobenthos. Kami presentasi paling akhir, karena Pos kami terletak pada hilir. Pada acara presentasi ini sangat berkesan karena kami saling belajar dan bertukar ilmu. Acara terakhir sebelum istirahat malam adalah penjelasan tentang air dan makrozoobenthos dan menarik kesimpulan dari pengamatan kami dari seluruh Pos.
          Pagi hari di kaki Gunung Welirang, peserta Kemah Konservasi 2013 jalan-jalan disekitar kawasan UP3 Tretes untuk menikmati panorama kaki Gunung Welirang. Dan acara berlanjut Fun Games, dan jalan-jalan menuju Air Terjun Centhong. Air disini sangat dingin, dan aliran dari air terjun ini mengalir ke air terjun dibawahnya lagi yang lebih tinggi dari Air Terjun Centhong. Setelah kembali dari air terjun, kami melakukan penanaman didaerah resapan air dan masih dikawasan UP3 Tretes juga. Serta berfoto untuk kenang-kenangan bersama teman-teman anggota Kemah Konservasi 2013 dan Yayasan Satu Daun.
          Siang yang basah di Ledug, kami mengikuti acara Peresmian sumur resapan didaerah Ledug – Prigen. Dengan kondisi hujan yang lumayan lebat kami mengikuti acara, dan akhirnya kami pamit pulang terlebih dahulu karena hujan sedikit reda, dan ternyata bertambah lebat ketika dalam perjalanan pulang. Dan, air menunjukkan keperkasaannya menguasai Ledug, Tretes, Prigen, dan sekitarnya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rencana Tuhan

Finding Myself 1