Berawal Dari

“Permainan politik, kebusukan kolusi, korupsi, dan nepotisme, berawal dari tempat nyaman-menyeramkan bernama kampus.”
Kenapa gue berani ngomong kayak gitu?
Kenapa gue pake kata gue sih? ><! Biarin aja lah yaa suka-suka gue yang nulis.
Gue mahasiswi semester tiga yang lagi sedikit selo dari kejaran tugas menumpuk. Gue nggak cuma dikejar tugas, gue juga dikejar perasaan gue. Pikiran dan perasaan gue lagi sinkron banget masalah yang satu ini. PERMAINAN POLITIK ORMAWA. Sumpah yaa gue pengen menghilang rasanya, gue nggak mau terlibat masalah begituan, bukannya gue suka cari aman atau gimana. Faedahnya apaan coba kalo belajar politik, tapi politiknya KOTOR. Sekelas HMJ aja udah main kotor, gimana BEM? Jauh lebih kotor. Boleh dibilang program kerja mereka bagus-bagus, keren-keren, tapi buat apa mereka main pilih ketua, rekrut anggota pake cara-cara kecoa? Alasannya demi “Kebaikan”. Meennn... Please, gimana percaturan poltik Indonesia bisa sehat kalo belajar politiknya dari kuliah aja udah kayak gini.
Gue mau bongkar jeleknya. Siapapun pasti udah tahu organisasi mahasiswa pasti kayak gini. Di kampus gue ada satu organisasi dibelakang percaturan politik ormawa. Organisasi ini nyiptain kader-kader, gue salah satunya, kader-kader ini dipersiapkan buat menguasai ormawa setingkat HMJ, BEM Fakultas, BEM Universitas, DPM Fakultas, DPM Universitas, kalo UKM gue yakin masih bisa lolos dari kendali ini. Organisasi ini nyiptain kader via UKM juga sebenernya. Damn, gue salah satu kader itu. Gue ga bakal cerita gimana gue dikadernya, percuma gue selalu bisa ngeles dari kegiatan-kegiatan buat memupuk militansi itu. Apa bedanya gue sama tentara kalo gini? Gue harus nunduk sama atasan? Harus patuh sama perintah dari atasnya atasan? Apa bedanya sama tentara? Ketika lo udah masuk alur kaderisasi ini, nggak gampang buat lepas men.
Sebenernya dulu sadar-nggak sadar ketika masuk jebakan batman itu. Gue dibaik-baikin, diajakin menuju kebaikan dimana gue ngarasa kebaikan itu ada yang mengganjal saat salah satu dari mereka bilang, “Mereka berdua itu harus jadi Ketua dan Wakil Ketua BEM dek, karena supaya rencana kita bisa berjalan dengan lancar. Karena ini jalan untuk kebaikan atas nama Tuhan.” Oh gitu... dulu gue masih bego, dan mengiyakan saja. Semakin kesini gue sadar, maksudnya? Mereka mau menguasai? Mereka punya kehendak mengendalikan? Dan hanya mereka yang boleh menguasai dan menjalankan kebaikan karena mereka merasa dirinya paling benar? SUMPAH gue langsung gabisa tidur nyenyak, kuliah gue ngambang, temen-temen gue jadi korban keling-lungan gue, gue kek orang stress nan gila men.
Disitu gue mikir, kalo mereka kayak gini apapun bisa terjadi, manipulasi data keuangan, haus akan jabatan, pencitraan, dan senyuman palsu. Gue langsung berpikir, gue nggak bisa jadi diri gue sendiri kalo masih ada disini. Gue harus keluar gimanapun caranya! Gue niat kuliah, gue niat jadi orang baik tanpa harus main politik. Gue gabisa pake topeng ‘sok baik’. Gue gamau nanti jadi koruptor, gue gamau terlena sama kenyamanan dan kesusahan ‘jabatan’. Gue makhluk bebas yang bertanggung jawab, bukan makhluk yang bertanggung jawab dalam ketidakbebasan.
Ada beberapa cerita dari temen gue, semuanya ini berkaitan dengan AGAMA. Dasar orang Indonesia, sukanya bawa-bawa agama. Ada unsur ‘SARA’ yang gue rasain, kalo lo Kristen, lo Buddha, lo Hindu, lo Katolik, lo Konghucu, lo nggak bakal diperhitungkan di ormawa. Kalo lo Islam tapi lo nggak menunjukkan ke-islam-an lo, lo juga nggak diperhitungkan di ormawa. Jadi lo kudu Islam dan lo wajib menunjukkan  ke-islam-an lo supaya diperhitungkan. Gila nggak sih? Indonesia yang katanya Bhinneka Tunggal Ika, tapi masih aja ada orang yang kayak gitu. Buat apa? Apa faedahnya?
Gue muslimah, gue berhijab, dan gue ngomong kayak gini sebenarnya nggak pantes. Tapi, gue nggak mau munafik. Gue bakal bilang, lo bener, kalo cara lo memperlakukan agama bener. Gue bakal bilang, lo sesat, kalo cara lo memperlakukan agama dengan nggak bener. Politik dan agama bisa disatuin, tapi tolong caranya yang bener. Bukan cara kek kecoa gini. Lo yang belajar dalil-dalil agama pasti ngerti gimana politik yang bener.
Salam,

Fay Z.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rencana Tuhan

Minggu Pertama Kuliah